Kamis, 30 Mei 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI KAMIS 30 MEI 2013 HANYA KEPADA TUHAN ADA JAWABAN

MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MELAKUKAN

Kejadian 25 : 20 – 26.

I.    Perhatikan dan jangan sepelekan setiap contoh-contoh perjalanan hidup umat-umat-Nya yang tertulis didalam Alkitab seperti yang dialami oleh Ishak dan Ribka.



       a.   Ishak berdoa selama tahun dua puluh untuk Ribka sebab ia mandul dan Tuhan mengabulkan doa Ishak.

       b.  Setelah Ribka mengandung bayi didalam rahimnya membuat Ribka sangat gelisah dan bersungut-sungut namun Ribka meminta petunjuk dari Tuhan lebih dahulu mengenai kandungannya.

Pertanyaan: Bagaimana dengan kebiasaan kita? Apakah kita mendahulukan Tuhan sebagai tempat yang tepat dan benar untuk curhat, untuk meminta petunjuk/arahan dan nasehat dan tempat untuk menyampaikan terima kasih, pujian, penyembahan sebab Kasih dan kesetiaan-Nya untuk kita?

c      c.     Perhatikan jawaban Tuhan Allah pencipta dan pemilik manusia.
·         Ada dua bangsa didalam kandunganmu da nada dua suku bangsa yang akan terpencar dari rahimu.
·         Suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain dan anak yang tua akan menjadi hamba anak yang muda.

II.   ...
    a.    Perkataan Tuhan selalu benar dan tepat sebab anak kembar yang lahir pertama warna merah kulitnya dan badannya berbuluh dan anak ini dinamakan Esau.

    b.   Anak kedua keluar dengan memegang tumit kakaknya dan namanya Yakub,

III. Perhatikan dan Renungkan: Kejadian 25 : 27 – 34.

Sebagai orang tua kita harus sangat berhati-hati terhadap anak-anak kita apalagi setelah mendapat pemberitahuan rencana Tuhan Allah terhadap anak-anak kita dan seharusnya orang tua bertanya kepada Tuhan untuk mereka.

a    a.  Esau senang berburu dan suka tinggal dipadang tetapi Yakub orangnya tenang dan lebih senang tinggl di kemah dan suatu kerenggangan hubungan terjadi disaat orangtu/ayah dan ibu mempunyai anak kesayangan/pilih kasih (@ 28)

       b.   Esau dan Yakub tidak memiliki dasar pendidikan/nasehat yang satu dan yang sama dari orangtua/ayah dan ibu perihal “saling menghargai adik kakak didalam keluarga” dan hargai berkat Tuhan dalam kehidupan ini dan wajib saling mengasihi dan menolong dan bemberi terbukti:

·         Permintaan Esau semangkok sup kacang merah dari adiknya Yakub benar-benar tidak seperti orang lain yang mencari untung.

·         Esau tidak diberi pengertian oleh orangtuanya tentang hargai potensi dari Tuhan dan berkata-kata yang positif.

·         Esau kehilangan hak kesulungannya! (@ 34)

Pertanyaan: Apakah rencana Tuhan untuk hadirkan perpecahan dalam keluarga?

Jawabannya: Tidak!! Contoh: sekalipun Esau dalam rencana Allah dia menjadi hamba kepada Yakub adiknya, tetapi dalam Hierarchi kekeluargaan Esau tetap seorang kakak yang harus dihormati dan jika hal ini dimengerti, maka Esau dan Yakub akan merupakan kesatuan luar biasa dan tidak terpecah!

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More