Senin, 20 Mei 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI SENIN 20 MEI 2013 HORMATI DAN HARGAI JENJANG YANG DITETAPKAN TUHAN ALLAH

MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MELAKUKAN

I Sam 13 : 5 – 10.

I.    Dari sikon yang dihadapi oleh raja Saul dan seluruh rakyat bangsa Israel sangat terjepit oleh sebab bangsa Filistin telah siap berperang dengan seluruh kesiapan alat perang lengkap untuk menyerang bangsa Israel. Dan Perhatikan apa yang terjadi!



a.     Keadaan yang terjepit telah membuat rakyat mencari keamanan masing - masing.

b.     Bahkan ada yang nekad menyebrangi sungai Yordan untuk menyelamatkan diri.

·         Pertanyaan: Benarkah setiap situasi yang menakutkan sangat menggoncangkan iman dan sangat mudah menghilangkan dan merampas ketenangan serta menghadirkan jalan buntu dan kepanikan??


II. a.     Nabi Samuel pemimpin rohani raja Saul dinanti - nantikan kedatangannya sesuai janji Samuel, tetapi ternyata telah lewat waktu dan keadaan seluruh rakyat telah tercerai berai dan lari meninggalkan raja Saul.

b.     Akibat ketakutan terhadap amarah rakyat dan sikon yang terjepit telah mendorong raja Saul bertindak melanggar hierarchi/jenjang/fungsi yang ditetapkan Tuhan Allah bagi nabi Samuel. (ayat 9)

c.     Perhatikan: Bertindak karena ketakutan terhadap situasi dan manusia sangat melukai HatiTuhan, sebab tindakan seperti itu adalah pelanggaran dan Tuhan Allah tidak akan pernah kompromi.


III.    Renungkan: I Sam 13 : 11 – 14.

 a.  Setiap tindakan / perbuatan yang tidak berdasarkan iman adalah dosa /                                                              kebencian dihadapan Allah.

 b.  Rancangan Allah yang terbaik untuk umat-Nya dapat berubah menjadi yang                                                     terburuk karena ketidaktaatan manusia atau saudara dan saya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More