Senin, 14 Oktober 2013

ARTIKEL ROHANI “SIAPA PENOLONGKU?” By: Pdp Marihot PH

Ketika Yesus hidup di bumi dengan murid-murid-Nya, dia mengucapkan suatu pernyataan yang mengagumkan: “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu : Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penolong (Penghibur) itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu”(Yoh 16:7).Penolong itu adalah Roh Kudus.




Jika Anda menerima Kristus, Roh Kudus akan masuk ke dalam hidup Anda. Roh Kudus adalah satu pribadi. Kadangkala Dia akan berbicara sebagai “suara batin yang lembut” yang mendatangkan keberanian, kekuatan, atau pengoreksian.

Bersikaplah sensitive terhadap hal ini. Ketika Anda tenang di dalam doa Anda, seringkali Allah berbicara kepada Anda. Apapun yang Dia katakan di dalam hati Anda itu selalu sesuai dengan Alkitab.


Dalam Kitab  Kisah Para Rasul Anda akan membaca bagaimana seratus dua puluh orang dibaptis dalam Roh Kudus: “Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di suatu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, dimana mereka duduk” (Kis Para Rasul 2: 1-2).

Ini adalah suatu pengalaman yang kuat yang menyebabkan orang-orang Kristen mula-mula ini mulai bekerja dalam dimensi kekuatan yang baru. Sama seperti Roh Kudus telah turun keatas Yesus selama kehidupan-Nya dibumi, begitu juga Roh Kudus telah turun ke atas mereka. Mereka keluar sambil menumpangkan tangan pada orang-orang sakit dan melihat orang-orang itu menjadi sembuh. Mereka mengusir roh-roh jahat dari orang-orang. Mereka mengalami tuntunan dan pimpinan dari Roh Kudus.

Pengalaman yang disebut “Baptisan dalam Roh Kudus” ini tersedia bagi semua orang percaya. “Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita” (Kis Para Rasul 2:39). Ketika orang-orang percaya dalam kitab Kisah Para Rasul dibaptis dalam Roh Kudus, mereka berbicara dengan bahasa lidah. Kita melihat hal sama juga terjadi sekarang. Ada beberapa orang yang memperkirakan bahwa ada lima ratus juta orang yang bukan hanya diselamatkan, tetapi juga dibaptis dalam Roh Kudus, dengan bukti berbicara dalam bahasa lidah. Baptisan dalam Roh Kudus ini adalah seperti pintu gerbang kepada kehidupan yang supranatural. Jika Anda berbicara dalam bahasa lidah, sebenarnya Anda berbicara dalam bahasa yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Anda bukan berbicara dengan pikiran manusia; Anda mengucapkan kata-kata yang berasal dari roh Anda, kata-kata yang diilhami oleh Roh Kudus. Ada banyak keuntungan yang terdapat pada baptisan dalam Roh Kudus dan berbicara dalam bahasa lidah, tetapi jumlahnya terlalu banyak untuk disebutkan seluruhnya. Akan tetapi, salah satu keuntungan utama adalah Anda membangun diri Anda sendiri dengan memperkuat manusia rohani Anda. Seringkali kita tidak tahu bagaimana menyatakan diri kita kepada Allah. Bahasa sehari-hari kita kelihatannya tidak cukup untuk menyampaikan kepada Allah mengenai kasih kita kepada-Nya, atau bahkan untuk menyatakan permohonan doa kita dengan tepat.

Di sinilah doa dalam bahasa lidah atau berdoa dalam Roh membantu Anda. Alkitab berkata, “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu,bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan” (Rom 8:26).

Kehidupan dalam dimensi ini hanya tersedia melalui permintaan dengan iman. Jika hal ini baru bagi Anda, supaya Anda untuk berbicara kepada Allah mengenai hal ini. Beritahukan kepada Allah bahwa Anda menginginkan semua yang Allah sediakan bagi Anda. Minta-lah Dia untuk menuntun dan memimpin Anda dan ingat-lah Anda tidak pernah perlu merasa takut akan apa yang Dia berikan kepada Anda. Alkitab berkata, “Bapa manakah diantara kamu, jika anaknya minta ikan daripadanya, akan diberikan ular kepada anaknya itu sebagai ganti? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apabila Bapamu yang disorga! Dia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya” (Luk 11:11-13). Allah itu baik, dan Anda bisa mengharapkan hal-hal yang baik dari-Nya. Bangunlah hubungan dengan Roh Kudus, dan Anda mendapatkan bahwa Roh Kudus akan menjadi seorang sahabat dan penolong disepanjang kehidupan Kristen Anda. Sementara Anda mulai menikmati keselamatan, hadiah Allah untuk Anda, Anda akan menemukan bahwa akan ada banyak perkara untuk dipelajari.

Pikiran Anda akan tetap diperbaharui, dan akan ada pertumbuhan yang berkelanjutan didalam kehidupan Anda. Anda akan menemukan bahwa kehidupan adalah suatu pengalaman yang indah karena rencana dan tujuan Allah digenapi di dalam Anda.  Amin 

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More