Minggu, 27 Oktober 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI MINGGU 27 OKTOBER 2013 KRISTEN KELAPA

  Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu. Filipi 1:22






   Jika boleh menyebut tanaman paling berguna bagi manusia, maka kelapalah salah satunya. Dari daun, batang, buah, sampai akarnya pun bisa bermanfaat. Daun kelapa dapat menjadi janur, sapu lidi, sarang ketupat, dan keranjang. Pucuk daunnya bisa menjadi makanan. Pelepahnya  bisa dijadikan kipas. Batang kelapa dapat dipakai untuk membuat jembatan dan perabotan, seperti meja dan kursi. Batangnya bisa digunakan sebagai papan untuk pembuatan rumah. Belum lagi buahnya. Serabut kelapa dapat menjadi pengisi jok, tempurungnya menjadi arang dan asesoris, daging buahnya bisa menjadi santan, kopra, makanan, kue, dan minyak, serta tentu saja airnya yang bisa menghilangkan dahaga dan penawar racun. Ditambah lagi akarnya bisa digunakan sebagai obat dan zat pewarna.

Semua bagian dari kelapa bermanfaat dan tidak sulit pula mendapatkannya. Inilah yang juga Tuhan inginkan dalam hidup kita. Paulus mengatakan dalam Filipi 1:22 bahwa jika ia hidup di dunia ini, maka itu berarti bekerja memberi buah. Itulah kehidupan yang seperti kelapa. Dalam setiap kondisi dan waktu, tujuan hidup Paulus hanyalah untuk mengabarkan janji dan melayani jemaat untuk Kristus.

Hidup yang selalu memberi buah juga berarti hidup yang menghasilkan karya yang memuliakan nama Tuhan. Matius 12:33 mengatakan bahwa dari buahnyalah sebuah pohon dikenal. Kualitas hidup kekristenan kita bisa dilihat dari apa buah yang sudah kita hasilkan. Apakah teladan kehidupan kita dapat membuat orang lain memuji Tuhan, memiliki pikiran positif, bersemangat, dll? Atau sebaliknya, kehidupan kita justru menjadi batu sandungan  bagi banyak orang? Biarlah kehidupan kita seperti kelapa yang bisa bermanfaat di dalam kondisi apapun. Minta pada Tuhan, penguasa hidup kita, agar hati kita bisa menjadi seperti hati-Nya yang penuh belas kasihan, cara pandang kita seperti cara pandang-Nya, tindakan kita seperti tindak-tanduk-Nya yang selalu bekerja melakukan kehendak Bapa di sorga. Jadi, setiap kita merasa sudah melakukan banyak hal bagi Tuhan, lihatlah kelapa. Apakah kita sudah sama atau lebih bermanfaat dari kelapa?

Kualitas hidup kekristenan kita dinilai dari buah yang kita beri untuk Tuhan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More