Minggu, 02 Juni 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI MINGGU 2 JUNI 2013 TUHAN MERANCANG DAN MEMILIH

MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MELAKUKAN

Keluaran 2 : 1 – 4.

I.    Sering kali sebagai umat-umat yang telah ditebus oleh Darah-Nya selalu merasa sangat terganggu karena perjalanan hidup yang serat dengan bernagai persoalan dan sering membuat kita bosan atau jenuh bahkan kecewa terhadap Tuhan , terhadap seluruh pelayanan Gereja dan para pelayan Tuhan  sepertinya membosankan kita.



       a.  Umat pilihan-Nya bangsa Israel 430 tahun berada di Mesir dalam penindasan dan Tuhan mempersiapkan seseorang untuk membawa keluar dari penindasan itu!! Siapa orangnya dan bagai mana caranya? Hanya Tuhan yang tau dan umat Allah hanya percaya dan taat!

b     b.   Perintah Firaun untuk seluruh rakyatnya yakni bayi laki-laki Ibrani yang lahir supaya dibuang ke sungai Nil tetapi bayi perempuan boleh hidup.

c      c. Orang tua dari suku Lewi melahirkan bayi laki-laki dan tidak ada jalan lain untuk melindungi bayi ini selain dimasukkan dalam peti pandan yang ditutup rapat dengan ter dan peti itu diletakkan ditepi sungai Nil dan diawasi oleh kakak perempuan bayi dari jauh dan ini awal proses yang diizinkan dan diawasi Tuhan sendiri.


  II.
a.     Tidak kebetulan putri Firaun datang bersama-sama dayang-dayangnya untuk mandi dan menjumpai peti pandan berisi bayi yang sangat ganteng dan bayi itu menangis dan berbelas kasihan Putri raja Firaun dan berkata pasti bayi orang Ibrani.

       b.   Kakak perempuan bayi itu mendatangi Putri Firaun dan bertanya maukah dipanggil inang penyusu dari perempuan Ibrani untuk menyusui bayi Putri?

·         Perhatikan cara kerja Tuhan Allah, baiklah dan panggil saja.
·         Putri Firaun berkata bawa pulang bayi itu kerumahmu dan saya memberi upah untukmu dan susukanlah bayi itu bagiku.
·         Setelah bayi itu besar dibawanya ke istana Putri Firaun dan diangkatnya menjadi anak dan diberi nama “Musa” yang artinya aku telah menarikmu dari air.

III.    Proses Tuhan Allah terus berlangsung.

a      a.    Musa membela umat Israel yang sedang ditindas dan dibunuhnya orang Mesir itu dan ditimbun dengan pasir.

        b.  Musa lari dari istana dan pergi ke Midian dan tidak kebetulan juga Musa duduk dekat sumur.
Pertanyaan: Mengapa ke Midian? Dan bukan ke wilayah yang lain?

        c.   Ditanah Median adalh tempat keturunan Abraham dengan Retura istrinya dan di Midian Tuhan persiapkan Musa ± 40 tahun untuk menerima tugas dan tanggung jawabnya yang akan dilakukan di Midian juga!
·         Terbukti Musa menikah dan melahirkan seorang anak laki-laki “Gersom” artinya Musa telah menjadi pendatang di negeri asing.

Musa menjadi gembala kambing domba milik Yitro mertuanya.

·         Tuhan menyampaikan rencana-Nya disaat Musa sedang gembalakan kambing domba di gunung Allah “Gunung Horeb”

I.   IV. Pertanyaan: Apakah Tuhan keliru dan salah merencanakan dan memilih Musa juga saudara dan saya? Dan menjawab seruan yang bertalu-talu dari umat-Nya yang tertindas di Mesir?

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More