Rabu, 05 Juni 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI RABU 5 JUNI 2013 YANG TIDAK MENGHARGAI POTENSINYA SANGAT RUGI DAN DIPERMALUKAN

MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MELAKUKAN

Hakim-hakim 4 : 1 – 7.

I.    Bangsa Israel berada dibawah penindasan Yabin raja Kanaan selama dua puluh tahun dan mereka berseru-seru kepada Tuhan Allah Abraham karena,



a     a.  Panglima raja Kanaan Sisera memiliki 900 kereta.

b     b.  Sisera menindas orang Israel dengan sangat keras.

·         Pertanyaan: mengapa Tuhan membiarkan umat Israel seperti itu?
·         Jawab: Karena orang Israel terus melukan kejahatan dihadapan mata Tuhan.

II.  
a     a.  Ada seorang nabiah bernama Debora yang menjadi hakim atas Israel dan ia selalu duduk dibawah pohon korma Debora yang terletak antara Rama dan Betel dipegunungan Efraim.

 b. Debora suruh memanggil Barak bin Abinoam dari kadesy daerah Nafteli dan berkata “Bukankah Tuhan Allah Israel telah menyuruh dan memerintahkan 

a       untuk maju dan bergeraklah menuju gunung Tabor dengan membawa 10.000 orang dari bani Naftali dan Zebulon bersama-sama engkau.”

c Debora nabiah Hakim Israel berkata bahwa AKU akan gerakkan Sisera dengan kereta-keretanya dan pasukan-pasukannya menuju kepadamu Barak ke sungai Kison dan Aku akan menyerahkan Sisera kedalam tanganmu Barak (ini pesan Tuhan Allah untuk Barak melalui Debora Hakim Israel

III.    Renungkan dan Perhatikan: Hakim-hakim 4 : 8 – 10.

Sangat rugi dan menyedihkan jika kita tidak menghargai potensi yang ada pada kita.

       a.  Barak berkata kepada Debora jika engkau turut maju akan maju dan jika engkau tidak turut maju maka akupun tidak maju.

Pertanyaan: Mengapa Barak tidak berpegang pada janji dan jaminan Tuhan dan harus mengandalkan dan bergantung pada nabiah Debora?

b    b.  Debora berkata kepada Barak

·         Baik aku akan pergi bersama-sama engkau.
·         Hanya engkau tidak mendapat kehormatan dalam perjalanan yang kau lakukan ini.
·         Sebab Tuhan Allah akan menyerahkan Sisera kedalam tangan seorang perempuan.

       c.   Tuhan menggenapi janji dan jaminan-Nya, yakni: Yael istri Heber orang Keni rekan baik Sisera memanggil Barak untuk melihat “Sisera” musuh yang sedang dikejarnya telah mati tergeletak dengan patok dipelipisnya (@ 22).

Pertanyaan: Apakah Barak tidak menyesal sebab kepercayaan dan Potensi yang ada padanya tidak digunakan? Dan yang tercatat dan diakui adalah

·         Yael istri Heber.
·         Barak seorang pengecut karena tidak yakin janji dan jaminan Tuhan Allah Israel yang memerintahnya untuk mengalahkan Sisera!

0 komentar:

Posting Komentar