Sabtu, 31 Agustus 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI IMAN MASTER KEY PENYELESAIAN KESULITAN” by PDT.YULIANA TETELEPTA

Ingat !!! Apa yang Tuhan yesus Tanya kepada Bartholomeus ??? dan sekarang Tuhan Yesus ajukan 

LUKAS 5:1-7
pertanyaanNya untuk masing – masing kita.

·         Kau mau berubah atau tidak ?
·         Kau mau berjalan kedepan atau tetap berjalan ditempat ?
·         Kau mau naik atau turun ?
·         Kau mau jadi ekor atau kepala ?
·         Kau mau jadi lebih dari pemenang atau kalah terus ?
·         Kau mau hidup berkelimpahan atau hanya belas kasihan orang ?
·         Kau mau sehat atau sakit-sakitn ?
·         Kau mau sejahterah dan bahagia atau terserah saja,mana-mana saja ?



·          

Tuhan Yesus segra lakukan sesuai jawaban kita yang sungguh-sungguh seperti Bartholomeus
1.     Kebutuhan uang tidak tecapai (2 & 5a )

a.     Perahu = sarana untuk usaha tela ditmabat ditepi pantaidan nelayan tidak diperahu lagi dan sedang membersihkan jala.

·         Sepanjang malam bekerja keras dan tidak main-main tetapi tidak menangkap apa-apa( GATOT ) artinya ikan tidak ada untuk dijual tentu uang pun tidak ada, sedangkan kehidupan keluarga harus terus berlangsung dan utang diwarung harus dibayar wow terancam !!!

·         Pertanyaan : Mungkin sekali sikon seperti ini sudah dilewati ataukah sedang dihadapi sekarang ??Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana kesulitan ini harus diatasi ya / Jawaban yang sering diucapkan ya terserah Tuhan saja !! ”Inilah kesalahan dan jerat bagi kita “

b.    Apakah Yesus Tuhan Bapa kita tidak tau sikon kita anak-anaknya ?

Jawabannya  : Yesus Tuhan pasti tau !!! Kapankah Yesus uhan mulai bergerak untuk menolong dan memulihkan sikon yang sulit itu ??jawabanya : Tuhan membentuk hati, pikitan, perasaan yang mempercayaiNya sunggh-sunguh tanpa cadangan ,tanpa tapi dan tapi ( ibrani 11 : 6 )


2.     Utamakan dan hargai kepentingan Tuhan (1 - 3)

a.     Yesus ditepi Genesaret dan dikellingi orang banyak untuk mau dengar Firman Allah.Perhatikan : Kepentingan Allah yaitu mau sampaikan Firman untuk jiwa-jiwa supaya diselamatkan dan yesus membutuhkan sarana/fasilitas untuk Ia dapat duduk / berdoa dengan aman dan myaman saat mengajar Firman.
b.    Yesus melihat ada dua perahu yang ditambt ditepi danau dan Ia naik salah satunya ternyata itu mlik simon ?? Pertanyaan : apakah ini kebetulan saja ?? jawaban : Tidak dan tidak, tetapi inilah cra Yess untuk mau memulihkan sikon simon dan memberkatinya dengan limpah. Perhatikan cara Yesus Tuhan. !!

·         Sebelum kita menerima, kita harus mau member. Sebelum kita dipulihkan, kita harus bersedia menjadi saluran / jembatan / alat untuk orang lan di pulihkan. Sebelum kita ditolong kita harus mau menolong dulu.

c.     Tuhan naik kedalam perahu simon.sarana untuk usaha / sarana untuk mencari uang dan apa sarana masing-masing kita ??

Apakah motor,mobil,rumah,kios,bengkel,waktu,uang,usaha dan potensi/talenta, kita ijinkan Tuhan pergunakaan untuk kepentinganNya.Tuhan sesungguhnya berhak dan berhak untuk pergunakansemua yang ada pada kita bahkan diri kita pun ( I Kor 4 : 7 )

Contoh : Perhatikan diri sendiri ataupun orang lain yang tidak mengutamakan dan menghormati kepentingan TUhan, cirri-cirinya : Kehidupan pribadinya/ekonominya/paradigmanya semua tanggung dn kurang jelas/ngambang dan pesimis.
    
    
 a.     Yesus naik ke perahu dan menyuruh simon bmenolak perahunya sedikit jauh dari danau dan ini hanya untuk menguji hati, pikiran dan emosi simon apakah simon menggerutu atau tidak.

2.     Yesus tidak pernah Kebetulan,Keliru dan Mengecewakan ( 4 - 7 )

a.     Setelah perahu simon = sarana simon untuk usaha digunakan oleh yesus untuk mengajar Firman Bagi orang banyak.

Perhatikan : Setelah fasilitas simon digunakan untuk kepentinganNya, Yesus berkata dengan kuasa dan wibawaNya sesuai dengan apa yang telah direncanakan untuk dilakukan. Bertolak ketempat yang dalam dan tebarkan jala untuk menangkap ikan.

b.    Jawab simon: prihal simon yang telah dialami namun simon memiliki kepercayaan yangsungguh-sungguh terhadap perkataan Tuhan Yesus inilah “Imannya dan Imannya dibuktikan dengan perbuatan/tindakan inilah “Perbuatan “ ( 5 )

c.     Setelah IMAN dan PERBUATAN dlakukan,makasimon mengalam bukti “ Iman dan Perbuatan “ yaitu Simon menangkap banyak sekali ikan sampai jalanya hamper koyak dan rekan-rekan nelayan lainnya pun diberkati oleh simon.

d.    Karena simon mendahulukan kepentingan Tuhan sekalipun dalam sikonnya yang sulit dan hilang harap, maka Tuhan pun memberikan hal yang terbaik sebagai upah yaitu Iman simon diteguhkan / ditopang dan simon dapat melakukan perbuatan / tindakan iman atau simon dimampukan oleh Tuhan melakukan apa yang diperitahkan Tuhan namun yang sebenarnya “ Tuhan yang melakukan bagi simon “ ( Yes 26 : 12 )

        Ingat Roma 14 : 23b
“ Segala sesuatu yang tidak didasarkan Iman adalah Dosa “ 




0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More