Rabu, 10 Juli 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI KAMIS 11 JULI 2013 HIKMAT TUHAN HADIRKAN KEBIJAKSANAAN DAN KEPANDAIAN

MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MELAKUKAN

Amsal 5 : 1 – 6.

   I.    Hikmat adalah cara dan gaya berpikir oleh karya Allah  yang disediakan kepada orang yang takut akan Allah sebab itu diperingatkan kepada anak-anak supaya:



   a. Perhatikan dan miliki hikmat Tuhan Allah  dan biarlah telingamu selalu mendengar ajaran-ajaran kepandaian yang diajarkan

   a.     Berpegang pada kebijaksanaan dan latihlah bibir kita untuk ucapkan ucapan pengetahuan/ucapan-ucapan yang membangun atau berguna.

II.    Sikap orang yan takut akan Tuhan sangat berbeda dengan sikap orang yang tidak takut akan Tuhan.
a.     Bibir/ucapan-ucapan dari setiap perempuan jalang sarat dengan tipu daya iblis atau rayuan mengajak berbuat kejahatan atau pelanggaran dan dosa.

b.     Rayuan dosa seperti tetasan madu yang berakhir seperti empedu dan tajam seperti pedang bermata dua dan kakinya menuju maut dan langkahnya menuju dunia orang mati.

c.     Jalan sesat tidak diketahuinya sebab ia tidak menempuh jalan kehidupan.

Pertanyaan: Apakah gunanya hidup tanpa hikmat Tuhan?


III.   Perhatikan dan Renungkan: Amsal 5 : 7 – 14.
Anak-anak selalu diingatkan untuk tidak menyimpang dari setiap perkataan nasehat didikan atau ajaran yang telah disampaikan oleh Firman dan orang tua.

a.     Jangan salah bergaul sehingga rela korbankan masa-masa indah dihidupmu dan membiarkan berkat-berkatmu yang melimpah dinikmati oleh orang-orang yang merugikan atau tidak bertanggung jawab.

b.     Penyesalan selalu dari belakang dengan kata-kata yang sudah terlambat “mengapa dahulu aku benci akan didikan dan hatiku menolak teguran dan mengapa aku tidak mendengar akan guru-guruku dan menutup telinga dari pengajar-pengajarku”

c.     Sadar dan mengakui bahwa menolak didikan dan teguran membawa kehidupan nyaris terjerumus kedalam bahaya maut ditengah Jemaah dan komunitas yang bisa menjadi saksi hidup. Namun Tuhan Allah sungguh mengasihi kita dan membuka jalan-Nya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More