Minggu, 24 November 2013

ARTIKEL ROHANI KRISTEN TIPE BILEAM

  “Jadi jika seseorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”
YAKOBUS 4:17



    Ada satu hal yang mengganggu pikiran saya ketika seorang klien bertanya pada waktu konseling by phone. Ia bertanya, “Bolehkah saya pacaran dengan orang yang tidak seiman?”. Padahal waktu yang lalu sudah sering saya tegaskan bahwa kita tidak dapat menjadi pasangan yang tidak seimbang dengan orang yang tidak percaya (2KOR 6:14). Mengapa ia masih bertanya seperti itu. Apakah ia lupa?

      Kejadian itu mengingatkan saya kepada seorang pribadi di dalam Alkitab, yakni Bileam bin Beor yang mendapat tawaran dari Balak bin Zipor raja Moab untuk mengutuki bangsa Israel. Bileam tidak berani bertindak gegabah, tetapi ia mencari kehendak Allah. Jawabannya adalah, Allah melarang Bileam pergi bersama utusan Balak dan melarang mengutuki bangsa Israel, sebab bangsa Israel sudah diberkati. Satu jawaban yang tegas dan jelas!.

Mendapat penolakan dari Bileam, Balak kembali mengirim utusannya yang lebih banyak dan lebih terhormat dari yang pertama, serta tawaran yang lebih besar dan lebih menarik kepada Bileam.
Melihat kenyataan demikian, Bileam bukannya langsung menolak, tetapi masih bertanya lagi kepada Tuhan tentang hal tersebut. Apakah Bileam lupa pada Firman Tuhan yang telah ia dengar sebelumnya, ataukah “tawaran dosa” dari Balak telah menghapuskan “memori” Bileam?

Bagaimana dengan kita? Apakah kita pernah bersikap seperti Bileam? Sudah tahu bahwa hal yang akan kita lakukan itu berdosa, tetapi kita tetap juga melakukannya. Dan ketika kita menuai akibatnya, maka kita seperti orang tolol bertanya, “Tuhan mengapa hal ini terjadi?” atau “Apakah hal sepele itu berdosa di mata Tuhan?”. Kalau sampai ada pertanyaan tsb, ini membuktikan bahwa kita lebih mencintai keinginan dosa dan keinginan daging.

Hari ini kalau kita mengasihi Allah dan menyebut Dia Tuhan, jangan lagi bersikap seperti Bileam. Sudah tahu perilaku kita itu hukumnya dosa, masih juga bersikap tolol bahkan berani melakukannya. Ingat! Sekarang bukan waktunya lagi bagi kita untuk menjadi Kristen tipe Bileam

Jika kita sudah mengerti dosa tetapi masih juga bertanya kepada Allah, itu pertanda kita masih mencintai keinginan dosa dan keinginan daging

0 komentar:

Posting Komentar