Sabtu, 09 November 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI SABTU 9 NOVEMBER 2013 KARAKTER KRISTUS: PENGUASAAN DIRI (SELF CONTROL)

2 TIMOTIUS 4:3-5,  AMSAL 25:28

    Pertanyaan Renungan:




1.     Akan datang waktunya, orang-orang akan bagaimana? (Ayat 3-4)

2.     Sikap apa yang harus kita miliki dan apa yang harus kita lakukan? (Ayat 5)

3.     Bagaimana dengan orang yang tidak bisa menguasai dirinya? (AMSAL 25:28)


Pengajaran:

Kata “EGKRATEIA” (bahasa Yunani)  atau “PENGUASAAN DIRI” sering kali dipakai para atlet yang mendisiplinkan tubuhnya agar selalu dalam kondisi yang bagus ketika bertanding. Dalam banyak hal, kita juga harus melatih rohani kita sama seperti para atlet melatih diri mereka untuk siap bertanding. Bukan sekedar menjadi pemenang tetapi lebih dari pemenang.
Apa yang seharusnya seorang Kristen lakukan dalam menguasai dirinya?:
1.     Kita dapat melatih iman dengan menekan hawa nafsu kedagingan, kemudian mengeraskan hati untuk tidak melakukan ha-hal yang jahat.
2.     Kita harus tahu bahwa satu-satunya cara untuk membangun kekuatan iman adalah dengan makan makanan bergizi (Firman Tuhan) melalui saat teduh dan doa pribadi.
3.     Kita harus disiplin bukan saja dalam mempelajari Alkitab tetapi belajar untuk memahami apa yang dikatakanAllah dalam Alkitab.
4.     Kita harus berhati-hati dengan apa yang kita terima, dan apa yang kita masukkan ke dalam hai dan pikiran.
Marilah kita mulai melatih dan menguasai diri untuk memperoleh hasil yang baik. Karena sebuah hasil yang baik memerlukan pengorbanan. Ketika dalam situasi apapun kuasailah diri kita untuk tetap berjalan dalam kebenaran. Selamat menjadi pemenang!

0 komentar:

Posting Komentar