Selasa, 28 Mei 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI SELASA 28 MEI 2013 TUHAN ALLAH MEMBERKATI DAN MENGUJI

 MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MELAKUKAN


Kejadian 9 : 18 – 21.

       a.   Nuh adalah keturunan Set anak ketiga dari Adam dan Hawa pengganti Habel dan Nuh mendapat kasih karunia Allah dan Nuh bergaul karib dengan Allah.


b     b.  Nuh mendapat kepercayaan penuh dari Allah untuk membuat Bahtera sesuai rencana-Nya untuk memusnahkan manusia dan seluruh binatang diatas muka bumi.

I.    ...
      a.  Nuh dan Istri dan 3 orang anak laki-lakinya dan istri mereka masing-masing dipilih Tuhan dan tidak dibinasakan dengan air bah dan Nuh keluarga yang terpanggil dan terpilih dan diberkati untuk selama-lamanya (Kejadian 9 : 1,7–9)

b    b.  Anak-anak Nuh yang keluar dari Bahtera ialah Sem, Yafet dan Ham bapak kanaan dan dari mereka tersebarlah penduduk dunia.

c     c.   Nuh menjadi petani dan membuat kebun anggur dan setelah Nuh menikmati hasil kebun anggur tanpa penguasaan diri karena Nuh mabuk samapi telanjang.
·         Pertanyaan: Mengapa Nuh seorang yang bergaul akrab dengan Allah dapat kehilangan penguasaan diri?

II.   Perhatikan dan Renungkan: Kejadian 9 : 22 – 27.
a     a.  Nuh tidak didampingi istrinya sebagai seorang penolong yang dapat mengingatkan Nuh disaat Nuh menikmati anggur dan inilah salah satu bukti jika komunikasi antar suami istri tidak berlangsung lancer dan akrab!
b     b.  Sikap anak-anak Nuh berbeda satu dengan yang lain yakni:
·         Ham bapak Kanaan melihat aurat ayahnya dan tidak peduli bahkan menceritakan kepada Sem dan Yafet.
·         Sem dan Yafet justru sebaliknya tanpa melihat auratayahnya mereka menutupi ketelanjangan ayahnya.

       c.   Setelah Nuh sadar dan mendengar bagaimana perbuatan anak bungsunya, maka secara spontan Nuh pun berkata:

·         Terkutuklah Kanaan dan jadilah hamba yang paling hina untuk saudara-saudaramu.

·         Terpujilah Tuhan Allah Sem dan Kanaan menjadi hamba Sem.

·         Allah kiranya meluaskan tempat kediaman Yafet dan hendaklah Yafet tinggal diam di kemah-kemah Sem dan bapak Kanaan menjadi hamba Yafet.

       d.   Himbauan: Kekurangan, keterbatasan, kesalahan orang tua “jangan pernah” anak-anak harus dan mau bertindak untuk menghakimi dan menghukum orang tua sebab itu bukan dan sekali-kali tidak dibenarkan oleh Firman.

Pertanyaan:
·Mengapa perkataan Nuh dikabulkan Tuhan? Karena orang tu wakil Allah dibumi dan Allah Tuhan tetap menghargai otoritas dan wibawa yang telah dipercayakan kepada setiap orang tua yakni ayah dan ibu.

·Allah sendiri yang akan meminta pertanggungan jawab dari ayah dan ibu!

·Jadi bukan anak-anak yang menjadi Hakim.

Renungkan: Sem, Yafet, Ham telah terpilih dan terikat dengan janji Allah yakni keturunan yang diberkati untuk selamanya, namun Ham tidak menghargai pilihan Tuhan kepadanya.

0 komentar:

Posting Komentar