Rabu, 24 April 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI RABU 24 APRIL 2013 TUHAN SELALU MAU MEMPERCAYAKAN OTORITASNYA UNTUK KITA

MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MELAKUKAN


Kluaran 7:1-4.

   Tuhan Allah kita tidak mau membiarkan dan melihat kita dalam sikon yang kalah berulang kali karena cara berpikir kita yang hanya menjaga dan mengasihi diri sendiri supaya tidak kalah, tidak gagal dengan kemampuan sendiri.

I.   
       a.   Tuhan berbicara kepada Musa bahwa Tuhan tetapkan Musa sebagai Allah untuk Firaun dan Harun sebagai Nabi terhadap Musa.
·         Pertanyaan: Siapa yang larang atau katakana mana mungkin?
        b. Tuhan berikan suatu tanggung jawab yang besar kepada Musa sesuai kepercayaan-Nya yang luar biasa juga yakni:
·         Musa harus tegas dan lantang menyampaikan setiap perintah atau ketetapan yang Tuhan sampaikan kepadanya.
Musa juga harus mendengar apa nasehatbyang disampaikan Harun kepadanya  dan Harun harus berbicara kepada Firaun supaya Firaun biarkan bangsa Israel pergi dari Mesir

·         Tetapi Tuhan sendiri yang akan mengeraskan hati Firaun supaya Firaun dan seluruh rakyat akan menyaksikan berbagai tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang dibuat oleh Than Allah yang dahsyat itu.

II.    Tuhan Allah sendiri yang akan melakukan pembelaan-Nya yang hebat dan dahsyat untuk Musa dan Harun sebagai pelaku atau pelaksana dari segala perintah dan ketetapan Tuhan Allah yang dihormati dan dipercayai dan ditaati (ayat 4)

Pertanyaan: Apakah jaminan penyertaan dan pembelaan Tuhan Allah dapat dinyatakan atau dilakukan jika Musa dan Harun tidak taat pada segala kehendak Allah?

III.   Renungkan dan perhatikan: Keluaran 7:5.
Tuhan jadikan kita anak-anak Allah = ahli waris-Nya = saksi-saksi bagi Allah dan kawan sekerja-Nya atau partner-Nya artinya kita adalah orang-orang yang dipercayai untuk menerima berkat dan kemudian memberi atau menyalurkan berkat untuk orang-orang lain juga.
a)    Terbukti jika Musa dan Harun mentaati tugas dan tanggung jawabnya sebagai kawan sekerja Allah atau partner Allah maka janji dan jaminan  Allah pasti digenapi atau dilakukan oleh Allah sendiri artinya tidak hanya Musa dan Harun dan keturunan yang menerima berkat Allah.

b)    Akibat dari ketaatan Musa dan Harun telah membuat Umat Israel mengenal dan mengetahui bahwa Allah mereka yang menciptakan langit bumi dan isinya yang telah melepaskan dan membawa mereka keluar dari Mesir tanah perbudakan dan percaya kepada Allah yang disembah Musa dan Harun.

·         Pertanyaan: Maukah kita menyadari bahwa hidup kita dipersiapkan untuk menerima berkat dan untuk memberi berkat?



0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More