Rabu, 23 Oktober 2013

FIRMAN TUHAN HARI INI RABU 23 OKTOBER 2013 SALING MEMURIDKAN

1 Korintus 4:16-17, Lukas 6:40

Pertanyaan Renungan :



  
1.     Apakah nasehat Paulus untuk jemaat di Korintus? (1KOR 4:16)
2.     Apa yang Paulus tugaskan kepada Timotius untuk jemaat di Korintus? (1KOR 4:17)
3.     Menurut ayat ini, apa yang harus dilakukan seorang murid agar ia sama dengan gurunya? (LUK 6:40)

Pengajaran:
Proses untuk mencapai hidup maksimal adalah melalui “Pemuridan”. Masing-masing kita memiliki “potensi maksimal”. Kristus adalah potensi maksimal hidup kita. Kristuslah yang menentukan hidup kita maksimal, karena IA hidup didalam kita. Tetapi potensi tersebut tidak akan berkembang kemaksimalannya bila “tidak ada pelatihan dilapangan”.
Ilustrasinya adalah spt singa. Penelitian membuktikan bahwa singa yang dipelihara sejak kecil di kebun binatang, setelah dewasa dan dilepaskan ke habitat aslinya, ia tidak berhasil hidup seperti singa yang lain. Singa tersebut pasti mati, karena tidak mampu menangkap mangsa. Mengapa? Karena sejak kecil singa tsb tidak pernah dilatih untuk melihat contoh dari singa-singa yang lebih dewasa dalam hal menangkap mangsa.
Demikian juga kita. Kita tidak akan pernah mencapai potensi maksimal kita bila “tidak pernah melihat teladan dan dilatih” untuk mencapai potensi maksimal kita
Pemuridan adalah proses menolong (mementor) orang lain dengan keteladanan agar mereka mencapai potensi maksimalnya, yaitu “keserupaan dengan Kristus”.
Itulah sebabnya, Paulus meminta supaya jemaat meneladani hidunya. Paulus dan Timotius mempunyai hubungan peneladanan seperti bapak dan anak. Semakin kecil sebuah kelompok pemuridan, semakin efektiflah dia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More